Persiapan akreditasi, GTK SMP Ma’arif Imogiri diminta fokus mengisi dokumen sekolah

Imogiri – Guru dan karyawan SMP Ma’arif Imogiri gelar Workshop Pengisian Data Isian Akreditasi (DIA), Sabtu (20/5). Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat ini menghadirkan pengawas sekaligus asesor akreditasi, R. Agus Purnama, M.Pd.

Agus Purnama menyampaikan bahwa pengisian Data Isian Akreditasi penting dilakukan karena dari isian inilah asesor mengetahui gambaran keadaan sekolah. Untuk mempermudah kerja guru dan karyawan, Pengawas SMP Dikpora Bantul ini menyarankan guru dan karyawan untuk terlebih dahulu fokus kepaa menu Dokumen Sekolah. Melalui menu ini, guru dan karyawan bisa lebih mudah mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan. Setelah mengisi Dokumen Sekolah, guru dan karyawan bisa lanjut ke pengisian DIA untuk menentukan level capaian sekolah pada tiap-tiap nomor.

Workshop yang diikuti guru dan karyawan SMP Ma’arif Imogiri ini didahului sambutan kepala sekolah. Dalam sambutannya, Sabjan Badio menyampaikan bahwa target yang harus dicapai panitia adalah perpanjangan akreditasi. Dengan adanya perpanjangan ini, otomatis SMP Ma’arif Imogiri akan langsung mendapatkan peringkat akreditasi A kembali seperti sebelumnya.

Agar bisa diperpanjang, sekolah harus menunjukkan kinerja stabil atau meningkat. Untuk itu, Sabjan meminta agar pengisian Dapodik dan DIA harus dimaksimalkan, agar sistem atau asesor bisa melihat kestabilan atau peningkatan kinerja sekolah.

Sebagaimana diketahui, pada akreditasi tahun ini, BAN S/M akan memutuskan tiga pilihan untuk sekolah, yaitu perpanjangan, penundaan satu tahun, atau akreditasi ulang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.