Tips mencari SMP terbaik di Imogiri – Bagian 1

Imogiri, Smpmaarifimogiri.sch.id–Sebentar lagi kelulusan siswa kelas VI SD atau sekolah dasar akan diumumkan. Hal ini sebagai pertanda bahwa penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP akan segera dimulai. Nah, menjadi kesibukan orang tua ketika PPDB digelar adalah mencari sekolah terbaik bagi putra-putrinya.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah? Ada banyak, mulai lokasi sekolah, visi-misi sekolah, kualitas guru dan tenaga kependidikan, kurikulum, ekstrakurikuler, sarana dan prasarana sekolah, dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana sekolah melayani peserta didiknya.

Pertama, lokasi sekolah. Akhir-akhir ini, persoalan lokasi ini menjadi pembicaraan hangat, terutama sejak diterapkannya sistem zonasi. Bagaimana dengan sekolah di Imogiri? Ada tiga sekolah yang harus mematuhi sistem zonasi, yaitu SMP Negeri 1 Imogiri, SMP Negeri 2 Imogiri, dan SMP Negeri 3 Imogiri. Calon peserta didik yang berada di sekitar tiga sekolah tersebut memiliki kesempatan lebih besar sekolah di sana.

Lalu, bagaimana dengan SMP Ma’arif Imogiri, SMP Muhammadiyah Imogiri, dan MTs Negeri 3 Bantul? Ketiga sekolah ini tidak terpatok dengan sistem zona. Dengan kata lain, calon pendaftar yang berada di luar zona ketiga sekolah tersebut, memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang berada di dekat sekolah. Mengapa demikian?

SMP Ma’arif Imogiri dan SMP Muhammadiyah Imogiri adalah sekolah swasta yang penerimaan peserta didik barunya memiliki sistem yang berbeda, tidak menggunakan sistem online bersama sebagaimana sekolah negeri. Dengan begitu, tidak ada pengaturan yang ketat secara sistem, secara regulasi juga tidak ada pengaturan zona.

Sebagaimana kedua sekolah tersebut, MTs Negeri 3 Bantul juga tidak terikat secara zona. Hanya saja, jika SMP Ma’arif Imogiri dan SMP Muhammadiyah Imogiri karena sekolah swasta, MTs Negeri 3 Bantul karena di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi, pengaturan PPDB-nya lebih banyak oleh Kanwil Kemenag DI Yogyakarta dan Kantor Kemenag Kabupaten Bantul.

Lokasi sekolah ini penting diperhatikan. Selain persoalan regulasi tadi, juga terkait dengan kemudahan akses dan kenyamanan dalam bolak-balik rumah-sekolah. Semakin dekat lokasi sekolah dengan rumah, semakin mudah dan nyaman dalam bersekolah. Kecuali tentunya, jika ada pertimbangan khusus, misalnya terkait visi misi sekolah, pelayanan, dan lain-lain. Soal yang terakhir ini, akan kita bahas pada bagian-bagian selanjutnya dari artikel ini.

Jika sekolah dekat rumah, bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik sepeda. Jika orang tua harus mengantar, mereka pun tidak perlu repot karena jaraknya dekat. Selain itu, dalam perjalanan tidak perlu menghadapi kebisingan arus lalu lintas, kena macet, dan yang tidak kalah penting adalah lebih irit di ongkos.

Bagaimana, sudah cukup jelas, bukan? Sudah terbayang, sekolah mana yang akan dipilih? Jika belum, yuk lanjut baca bagian 2. (*)

>> Bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.